Rabu, 25 Januari 2012

TERNYATA MAKAN DAGING AYAM BISA KURANGI RESIKO STROKE

blog-apa-aja.blogspot.com

Kalau Anda penikmat kuliner daging, sebaiknya hindari memakan daging merah. Daging ini selain meningkatkan risiko diabetes, juga menyebabkan peningkatan terkena risiko serangan stroke.

Penelitian dari di Harvard School of Public Health menyatakan hal tersebut. Menurut Adam Bernstein, penulis utama penelitian itu, kemungkinan meningkatnya risiko stroke berasal dari tingginya kandungan lemak dan zat besi pada daging merah.

Lebih amannya, peneliti menyarankan untuk mengonsumsi daging unggas sebagai gantinya. Daging ini diduga tidak signifikan dalam menyebabkan terjadinya stroke. Menurut Frank Hu, peneliti lain dalam studi ini, dari penelitian selama 20 tahun, telah terjadi kasus stroke pada 1.400 pria dan 2.600 wanita terkait konsumsi protein daging.

Dalam penelitian ini, seperti dikutip Reuters, para responden dibagi berdasarkan besaran protein yang mereka konsumsi tiap hari. Sumber protein yang dianalisa terdiri dari daging merah, daging unggas, ikan, susu, dan sumber lain.

Hasilnya, pria yang makan dua porsi daging merah, terjadi kenaikan risiko stroke sampai 28 persen. Yang makan sepertiga porsi daging merah, lebih rendah dari angka itu. Sementara itu, untuk wanita yang rutin makan daging merah dua porsi per hari, risiko stroke meningkat 19 persen dibanding yang makan kurang dari setengah porsi.

Beda hasilnya bagi mereka yang memilih daging unggas, seperti ayam atau kalkun. Daging unggas ternyata menurunkan risiko stroke sampai 27 persen. Sementara yang mengonsumsi kacang dan ikan, risiko stroke turun 17 persen. Dan, seporsi susu menurunkan risiko stroke sampai 11 persen.

"Saya tidak berpikir sebelumnya unggas dianggap sebagai sumber protein yang dapat menurunkan risiko stroke. Ini terobosan baru," ujar Susanna Larsson dari Institut Karolinska di Stockholm, Swedia, peneliti lain yang menanggapi studi ini.
 
http://blog-apa-aja.blogspot.com/2012/01/ternyata-makan-daging-ayam-bisa-kurangi.html
blog-apa-aja.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Fakta aneh dan unik - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore