Sabtu, 28 April 2012

Cara Menyikapi Teman yang Membenci Kekasih Anda



Jakarta - Setelah sekian lama menjomblo, Anda akhirnya menemukan tambatan hati. Tapi ada satu masalah, teman-teman terdekat tak menyukai sang kekasih baru. Mengapa?

Menurut pakar percintaan Harriet Lerner, PhD, bisa ada beberapa alasan kenapa teman tidak bisa menerima pria baru dalam hidup Anda dengan tangan terbuka.

"Mereka mungkin sudah terlanjur terbiasa dengan status single Anda, dan kehadiran orang baru akan dianggap memengaruhi hubungan pertemanan dalam suatu kelompok,“ jelas Harriet, seperti dikutip dari GalTime.

Penulis buku 'Marriage Rules: A Manual for the Married and Coupled Up' ini juga menambahkan bahwa mereka takut Anda akan jadi berbeda saat berada di dekat kekasih. Teman-teman juga takut Anda tak lagi menjadi diri sendiri dan tak ada waktu lagi untuk mereka.

Bisa juga karena teman melihat kekasih baru Anda bukan pria yang baik atau dia terlalu mengekang dan membatasi waktu kumpul Anda bersama mereka. "Atau kekasih Anda merupakan orang menyebalkan yang banyak omong, sehingga menimbulkan suasana tidak nyaman saat sedang berkumpul," tambah Harriet.

Saat teman dan kekasih saling berselisih, Anda pun dihadapkan pada sebuah dilema; pilih teman atau kekasih? Sebenarnya, Anda tak perlu memilih salah satu. Ada cara bijak untuk menyikapi perselisihan atau jadi penengah antara kekasih dan teman.

1. Jangan Korbankan Pertemanan Demi Kekasih
Sebesar apapun rasa cinta Anda, jangan sampai membuat Anda mengabaikan teman. Sesekali habiskan waktu sendiri saja bersama teman-teman dan buat mereka merasa dihargai, bahkan ketika mereka tak akur dengan kekasih Anda. Saat berkumpul, jangan selalu membicarakan kekasih baru Anda itu dalam setiap percakapan. Tak perlu juga memaksa kekasih untuk bergabung dan membaur dengan teman-teman. Setidaknya, sampai hubungan mereka membaik.

2. Teman Tidak Harus Menyukai Si Dia
Tunjukkan pada reman kalau Anda tidak mengharapkan mereka untuk menyukai sang kekasih. Tapi buat mereka tahu kalau Anda berharap mereka untuk memperlakukan si dia dengan baik, dan menghargainya sebagai orang spesial dalam hidup Anda.

Lakukan hal yang sama pada kekasih. Dengan kata lain, tegaskan bahwa Anda tidak mau mendengar kekasih menjelek-jelekkan teman. Minta si dia menghargai teman-teman, setidaknya demi Anda.

3. Dengarkan
Dengarkan dengan pikiran terbuka tentang kritik yang dilontarkan teman terhadap kekasih baru Anda. Lalu bicarakan dari hati ke hati dan minta mereka menjelaskan secara jelas dan spesifik apa yang membuat mereka terganggu dengan sang kekasih. Tanyakan dan dengarkan pendapat mereka tanpa memotong pembicaraan, mengoreksi atau membela kekasih. Mendengar pendapat teman sangat penting, apalagi bila mereka tahu Anda pernah disakiti pria di masa lalu.

4. Buat Batasan
Setelah selesai mendengarkan, Anda harus tahu kapan harus berargumen dan mengambil keputusan. Jika menurut mereka kekasih baru Anda kurang bersahabat dan bersikap dingin, tegaskan bahwa dia perlu waktu sedikit lama untuk beradaptasi dengan orang baru. Jelaskan bahwa Anda perlu menjalani hubungan ini apapun risikonya. Kalaupun akhirnya nanti gagal, yakinkan pada mereka bahwa itu sebagai pengalaman hidup yang membuat Anda jadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa dalam mengambil keputusan.

(hst/hst)
Sumber : http://wolipop.detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2011 Fakta aneh dan unik - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore