Selasa, 17 April 2012

Tanpa Alasan Jelas, 54 Siswa Semarang Mengundurkan Diri dari UN

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sebanyak 54 pelajar SMA dan SMK mengundurkan diri dari Ujian Nasional. Tak ada keterangan jelas penyebab mereka tak mengikuti ujian akhir penentu kelulusan tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Semarang, Sudjono menuturkan, dari data yang dia dapatkan dari sekolah, tak ada keterangan alasan terang mengapa mereka mundur. Hanya terdapat data jumlah siswa yang mundur, yakni 29 siswa SMA dan 25 siswa SMK se kota Semarang.

"Dari pihak sekolah hanya ditulis mengundurkan diri. Mengapa ndak ikut, ndak diketahui," ujarnya saat dihubungi Republika, Senin (16/4).

Sudjono mengatakan, beberapa alasan mundurnya mereka kemungkinan karena tidak memenuhi persyaratan UN. Selain itu, mungkin dapat juga disebabkan siswa tersebut mundur karena sebelumnya telah lulus paket C, dan sebagainya. Meski demikian, siswa yang mundur UN tahun ini, kata Sudjono, masih dapat mengikuti ujian lain seperti paket C ataupun dapat mengulang setahun dan ikut ujian tahun depan.

Dia juga mengungkapkan, setiap tahun selalu terjadi kasus mundurnya siswa dari ujian. Namun Sudjono tak menyebutkan angka pasti. Menurutnya, jumlah 54 tak seberapa karena jumlah seluruh siswa SMA maupun SMK Kota Semarang mencapai 22.387 siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Fakta aneh dan unik - Template by Kautau Dot Com - Editor premium idwebstore